Sego Megono, Kuliner Khas Kota Pekalongan

Posted by
Sego Megono, Kuliner Wajib Saat di Kota Pekalongan
sego megono
Sego Megonon via instagram.com/oscarpermadi/

Halo sobat, Makanyok, bicara tentang kuliner khas memang tidak ada habisnya ya. Karena setiap daerah memiliki makanan khasnya masing-masing. Misalnya Soto Bancar dari Purbalingga, Bakpia Pathok dari Jogja, dan masih banyak lagi. Nah, kali ini kita akan membahas kuliner khas lagi dari Kota Pekalongan yaitu Nasi Megono atau Sego Megono.

Kota Pekalongan merupakan salah satu kota di Jawa Tengah yang letaknya di paling ujung utara pulau Jawa. Jika kalian sedang dalam perjalanan melalui jalur pantura, maka kemungkinan akan melewati kota Pekalongan ini. Kota ini sangat terkenal dengan batiknya oleh karena itu, kota ini dijuluki sebagai Kota Batik.

Selain terkenal dengan oleh-oleh batiknya, kota Pekalongan juga memiliki kuliner khas layaknya kota-kota lain di Indonesia. Namanya yaitu Nasi Megono atau sering disebut Sego Megono.

Sego Megono merupakan olahan makanan dari buah nangka muda yang dicincang menjadi kecil-kecil yang dipadukan dengan parutan kelapa, bumbu kunir, terasi dan juga rempah-rempah lain khas nusantara. Masyarakat biasanya menyajikan Sego Megono untuk sarapan dan juga makan malam.

Menikmati Sego Megono

Saat melintasi kota Pekalongan, khususnya di sore atau malam hari, kita akan menjumpai banyak sekali penjual Sego Megono yang berjajar-jajar di sepanjang jalan. Kuliner yang satu ini memang sudah makanan menjadi favorit bagi masyarakat sekitar dan juga masyarakat yang kebetulan melintas di kota ini.

Para penjual Sego Megono tidak hanya menjual Megono saja ya sobat. Ketika kita memasuki warung Sego Megono, kita akan disuguhkan berbagai macam lauk siap santap yang sudah diletakkan di meja. Ada banyak olahan pepes seperti pepes ikan, udang, dan jamur. Ada ayam, lele dan bebek goreng juga. Biasanya, lauk-lauk tersebut dikemas menggunakan daun pisang. Tentunya aroma daun pisang ini dapat menambah makanannya menjadi semakin mantap saat dimakan.

Saat menyantap Sego Megono, lebih nikmat jika tidak menggunakan sendok ya sobat. Tenang saja, penjual akan menyediakan tempat untuk mencuci tangan, jadi jangan takut tangan kalian kotor.

Rasa dari Sego Megono ini jangan ditanya lagi sobat. Saat kita baru membuka bungkusnya saja , sudah tercium aroma khas megono yang bikin perut semakin keroncongan dan tidak sabar ingin menyantapnya sobat.  Rasa megononya yang gurih, asin dan sedikit manis dicampur dengan rasa bumbu rempah-rempahnya sangat menggoyang lidah.

Untuk harganya sendiri tidak terlalu menguras kantong sobat. Untuk sego megononya saja dibandrol dengan harga mulai dari Rp. 5000 saja, tetapi luauknya bervariasi mulai dari Rp. 3000 – Rp. 20.000.

Warung yang menjual Sego Megono ini bisa kita jumpai mulai dari pagi sampai malam, bahkan dini hari pun masih ada yang jualan sobat. Jadi jangan khawatir tidak bisa menikmati makanan khas yang satu ini ya. Pokoknya makanan ini recommended banget untuk dicicipi saat kalian sedang berada di Kota Pekalongan.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *